Fakultas Tarbiyah



FAKULTAS TARBIYAH

Visi :
Menjadi fakultas tarbiyah untuk menghasilkan tenaga pendidik yang unggul, kompetitif, inovatif, dan professional yang berbasis pada IMTAQ dan IPTEK.

Misi :
1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, unggul dan kompetitif.
2.      Menyelenggarakan penelitian secara inovatif untuk menghasilkan pengembangan pendidikan Islam integratif.
3.      Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pendampingan dan pemberdayaan institusi pendidikan Islam di masyarakat.
4.      Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan secara professional, transparan, dan akuntabel untuk dapat bersaing secara nasional.


1.      Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (S1)

Visi :
Menjadi program studi yang unggul kompetitif dan professional melahirkan calon guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)/ Sekolah Dasar (SD) serta mampu mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman, saintek, dan keindonesiaan pada tahun 2025.

Misi :
1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif, inovatif, berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan madrasah ibtidaiyah.
2.      Melaksanakan penelitian dan pengembangan teori-teori dan konsep keilmuan pendidikan dasar.
3.      Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat untuk membantu menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan dasar.
4.      Meningkatkan kualitas sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan program studi pendidikan guru MI/SD yang berkarakter kuat dan bermoral.
5.      Menjalin kerjasama dan menyediakan informasi sebagai rujukan bagi stake holders dalam bidan pendidikan dasar.

Tujuan :
1.      Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi akademik, unggul, dan professional dalam pendidikan di MI/SD.
2.      Menghasilkan sarjana yang kompeten dan professional dalam penelitian dan pengembangan kependidikan di MI/SD.
3.      Menghasilkan sarjana yang mempunyai motivasi tinggi, terampil, berakhlak mulia dan aktif dalam memberdayakan pendidikan, psikologi anak dan keagamaan di MI/SD.


2.      Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD/PGRA) (S1)

Visi :
Mewujudkan program studi PIAUD yang unggul dalam pembelajaran akademik serta pembelajaran profesi berdasarkan manhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah Annahdliyah pada tahun 2025.

Misi :
1.      Menyelenggarakan pembelajaran akademik berdasarkan manhaj ahlussunnah wal jama’ah untuk menghasilkan sarjana pendidikan yang berkualitas.
2.      Menyelenggarakan pembelajaran profesi keguruan untuk menyiapkan tenaga pendidik professional berwawasan ahlussunnah wal jama’ah dalam pendidikan islam anak usia dini.
3.      Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan ke-PIAUD-an untuk dijadikan landasan dalam proses pembelajaran dan pengabdian masyarakat.
4.      Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat dibidang ke-PIAUD-an dalam rangka ikut serta memecahkan masalah pendidikan islam anak usia dini.

Tujuan :
1.      Menghasilkan sarjana pendidikan yang berkualitas di bidang PIAUD.
2.      Menghasilkan calon tenaga pendidik professional yang berwawasan ahlussunnah wal jama’ah dibidang PIAUD.
3.      Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dibidang ke-PIAUD-an dalam kehidupan masyarakat.
4.      Mampu memberikan layanan akademik di bidang ke-PIAUD-an secara professional kepada masyarakat.


3.      Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S1)

Visi :
Menjadi program studi penyelenggara tenaga kependidikan Islam yang unggul, professional dan berdaya saing tinggi pada tingkat nasional tahun 2025.

Misi :
1.      Membentuk tenaga kependidikan Islam professional yang memiliki intelektual, emosional, dan integritas yang tinggi.
2.      Membina tenaga kependidikan Islam yang menguasai Teknologi Informasi.
3.      Menghasilkan tenaga kependidikan Islam yang terampil dan mampu mengaplikasikan ilmunya dimasyarakat.
4.      Melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang relevan dan mendorong dengan pengembangan prodi MPI.

Tujuan :
1.      Menghasilkan tenaga kependidikan Islam professional yang memiliki intelektual, emosional, dan integritas yang tinggi.
2.      Melahirkan tenaga kependidikan Islam yang menguasai Teknologi Informasi.
3.      Terwujudnya tenaga kependidikan Islam yang terampil dan mampu mengaplikasikan ilmunya di masyarakat.